Saturday, 7 September 2013

Detak Jantung Bakal Gantikan Fungsi Password

Ada berita bagus & menarik nih D'ers... silahkan disimak ya D'ers,,
Pencurian identitas sering terjadi karena penggunaan password konvensional yang dinilai sudah tidak efektif. Tetapi kini ahli keamanan telah menemukan jenis identikasi yang lebih efektif, tidak bisa hilang, lupa atau dicuri, yakni detak jantung
Anda.

Teknologi ini memerlukan sebuah perangkat gelang canggih, Nymi, yang dikembangkan oleh perusahaan asal Kanada, Bionym.

Gelang canggih ini akan memonitor pola unik detak jantung dari pemakainya yang dapat digunakan secara nirkabel baik untuk membuka kunci smartphone, konsol game, bahkan mobil. Teknologi ini bahkan dapat digunakan untuk belanja, atau sebagai pengganti nomor PIN dari kartu kredit.

"Nymi mengidentifikasi orang bukan hanya dari rataan detak jantung, tetapi bentuk sebenarnya dari detak jantung mereka," kata Foteini Agrafioti, Co-Founder Bionym.

Hampir selama lima puluh tahun, ahli jantung telah menyadari bahwa detak jantung seseorang itu unik, seperti sidik jari, dan dipengaruhi oleh bentuk jantung, ukuran dan posisinya di dada.

Namun tidak seperti sidik jari, detak jantung tidak mungkin untuk ditiru. Gelang ini bahkan diklaim 99% akurat.

CEO Bionym Karl Martin mengatakan bahwa untuk meniru Nymi, seseorang bukan hanya harus mencuri perangkat, tetapi juga meniru detak jantung pemakainya yang jelas mustahil.

Menurut Telegraph, Nymi sudah dapat dipesan secara pre-order pada 4 September 2013 mulai dari harga US$79 untuk 250 ribu pemesan pertama, dan selanjutnya akan dibanderol US$99 dengan jadwal pengiriman pada awal 2014.

Semoga brmanfaat.
Salam.