Thursday 7 November 2013

Pengrajin Wayang Golek

pengrajin wayang, wayang golek
Selamat datang kembali di Blog sederhana MCD, yang senantiasa memberikan informasi terbaru dan pengetahuan-pengetahuan umum kepada setiap pengunjung setia MCD.
Indonesia adalah Negara yang sangat banyak dipenuhi dengan Budaya, ada beragam macam budaya di Indonesia.

Salah satunya adalah Budaya pewayangan, pewayangan di Indonesia dari dulu sampai sekrang masih sangat diminati oleh berbagai kalangan, karena cerita wayang selalu menarik untuk diikuti. Ada bermacam-macam jenis wayang, mulai dari wayang kulit yang paling sering kita dengar, selain itu juga ada wayang orang, dan wayang golek.

Kali ini kita akan membahas wayang golek dan para pengrajinnya. Wayang Golek dibagi menjadi 2 macam yaitu wayang golek papak dan juga wayang golek purwa yang ada di daerah sunda. Wayang golek sering dimainkan pada acara-acara besar di jawa barat, karena memang wayang Golek sangat populer di jawa barat.

Untuk jaman modern sekarang ini, wayang golek lebih sering dimainkan pada saat terselenggara pesta rakyat, misal dimainkan pada saat ada hajatan, khitanan, maupun pernikahan.

Meski peminat wayang golek tidak sebanyak dahulu, namun masih banyak pengrajin wayang golek yang masih setia untuk selalu membuat wayang golek. Yang paling banyak memproduksi wayang golek pastinya dari daerah jawa barat, misal dari kota bogor, depok, dan pastinya dari Sunda.

Berikut sebagian kecil review saya terhadap Wayang Golek, Oh iya D'ers,, pada tau gak tokoh paling terkenal dari wayang golek,?? yup... Cepot adalah tokoh paling populer dari wayang golek.

Terimakasih bagi Anda yang sudah bersedia membaca artikel saya diatas, artikel ini saya buat untuk mengikuti Dji Sam Soe Potret Mahakarya Indonesia Blogger Competition, bagi Anda yang ingin mengikuti Blogger Competition segeralah kunjungi Dji Sam Soe Potret Mahakarya Indonesia dan pilih foto yang ingin Anda kembangkan menjadi sebuah artikel.

Semoga artikel saya bermanfaat.
Salam.

No comments:

Post a Comment