Thursday 28 November 2013

Pentingnya e-Learning Untuk Guru dan Siswa

Halloooo D'ers sejati, yang selalu menunggu update artikel terbaru dari MCD. Sekarang saya akan update artikel Pentingnya e-Learning Untuk Guru dan Siswa. Sebelum saya bahas sebagaimana pentingnya, saya mau memberi informasi tambahan nih D'ers, yaitu pengertiannya e-Learning.

e-Learning adalah singkatan dari Electronik Learning, yang merupakan sebuah metode baru dalam dunia belajar dan mengajar untuk menggunakan perangkat elektronik, dan dalam kegiatan belajar dengan menggunakan perangkat elektronik ini, system yang digunakan adalah dengan menggunakan internet.

Dengan adanya e-Learning dalam kegiatan belajar dan mengajar tentunya Siswa dan para Guru mendapatkan sebuah kemudahan untuk dapt melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk para Guru e-Learning dapat dimanfaatkan dalam mengatur pembelajaran menurut kurikulum, mata pelajaran dan tes sesuai jadwal yang telah disepakati oleh pihak terkait atau pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan e-Learning untuk Guru dan Siswa antara lain :
  • Metode pembelajaran yang menjadi lebih fleksibel dan pengaturan waktu yang lebih efisien.
  • Lebih mempersingkat waktu, memanfaatkan waktu yang ada menjadi lebih efisien dan efektif, dan tentunya lebih memudahkan siswa, karena tidak perlu datang ke sekolahan.
  • Dengan metode e-Learning, kita dapat memangkas biaya yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.
  • Dalam metode ini Siswa harus benar-benar aktif dalam proses belajar, karena peran Guru disini hanya sebagai pengarah.
  • Siswa akan lebih mengerti tentang hal lain tentang pengetahuan umum dengan menggunakan metode ini.
  • Siswa tidak perlu membeli banyak buku jika metode ini diterapkan.
Jadi jika ditanya seberapa pentingkah metode e-Learning Untuk Guru dan Siswa,? menurut saya akan menjadi penting karena di jaman yang sangat modern ini kita dituntut untuk lebih efisien dalam memanfaatkan waktu yang ada, dan dengan metode e-Learning ini, tentunya tidak hanya Siswa, tapi Guru juga akan mendapatkan keuntungan waktu dengan metode ini.

Saya berharap semoga metode e-Learning dapat diterapkan untuk kedepannya dalam kegiatan belajar mengajar, supaya Siswa lebih kreatif dan lebih pintar dalam mendalami materi pembelajaran.

Sampai disini saja ya, artikel Pentingnya e-Learning Untuk Guru dan Siswa saya sudahi, semoga artikel dapat bermanfaat. Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment